0 Comments 9 September 2024

MENGHADAPI TANTANGAN DATA DI ERA DIGITAL: PERAN SAINS DATA DI BADAN PUSAT STATISTIKA

Program Studi Sains Data S-1 UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan Kuliah Praktisi dengan mengusung Tema ”Menghadapi Tantangan Data di Era Digital: Peran Sains Data di Badan Pusat Statistika”, pada hari Senin (09/09/2024). Kegiatan ini merupakan kolaborasi bersama Badan Pusat Statistika Kabupaten Sukoharjo. Adapun pelaksanaannya di Gedung SBSN UIN Raden Mas Said Surakarta dan diikuti oleh 28 orang mahasiswa S1 Program Studi Sains Data UIN Raden Mas Said Surakarta Angkatan 2024.

 

Dalam kuliah praktisi kali ini menghadirkan Ibu Hesmiyati, S.Si., M.Si., Statistisi Ahli Muda BPS Kabupaten Sukoharjo sebagai narasumber. Beliau menyampaikan pentingnya data statistika dalam pembangunan pemerintah karena menjadi tolak ukur bagi perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan, evaluasi pembangunan, dan pengendalian pembangunan. Beliau menjelaskan bahwa data harus dikumpulkan dengan sebuah tujuan. Data juga dapat ditransformasikan menjadi insight. Selain itu data dapat dibagikan kepada publik dan khalayak. Namun demikian, semua data berguna hanya jika kita bisa menggunakannya.

Ibu Hesmiyati juga berpesan kepada para mahasiswa bahwa semua materi yang telah diberikan dosen apapun mata kuliahnya, hendaknya dipelajari semuanya dulu. Semua ilmu pasti akan bermanfaat untuk kedepannya. Ilmu sains data sangat berguna di dunia kerja karena setiap perusahaan membutuhkan data analyst.

Menurut salah satu peserta kuliah praktisi, Galih Fajar, dengan diselenggarakannya kuliah praktisi diharapkan bisa membuka wawasan mahasiswa mengenai gambaran profesi sains data di dunia kerja atau industri. Oleh : Haya Nur Fadhilah  

Leave a comment